& Tanda-Tanda kehamilan Yang Harus Diketahui

Diposting pada

1. Sering Buang Air Kecil (BAK)

Untuk beberapa wanita ini merupakan tanda kehamilan di minggu ke 6 atau minggu ke 8 setelah pembuahan. Tanda ini juga bukan hanya dikarenakan kehamilan saja, tapi bisa juga dikarenakan dibetes, penggunaan obat yang menyebabkan BAK atau bisa juga karena infeksi saluran kemih.

Jika sering BAK karena kehamilan, maka hal itu  disebabkan oleh hormon saja.
2. Sembelit

Selama hamil, tingginya hormon pregosteron bisa menyebabkan sembelit. Progesteron menyebabkan makanan menjadi lebih lambat ketika melalui usus. Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan minum air putih yang banyak, olahraga dan makan makanan yang tinggi serat.

3. Suasana hati yang berubah-ubah

Hal ini biasa terjadi pada trisemester pertama kehamilan dan ini juga berkaitan dengan perubahan hormon.

4. Sakit kepala dan sakit punggung

Beberapa ibu hamil mengalami sakit kepala dan sakit punggung, ada yang biasa saja ada yang sakit luar biasa (kronik). Disarankan jika sakit kepala dan sakit punggung ini disebabkan oleh kehamilan, maka minumlah obat yang aman untuk kandungan seperti obat penahan sakit dengan kandungan acetaminophen akan lebih aman untuk ibu hamil daripada ibuprofen.

5. Pusing dan pingsan

Hal ini mungkin dikarenakan pelebaran pembuluh darah, tekanan darah rendah atau gula darah rendah.

6. Suhu tubuh meningkat

Biasanya suhu tubuh meningkat pada saat ovulasi sampai 2 minggu kemudian sesudah menstruasi. Dan jika suhu tubuh meningkat sesudah 2 minggu tersebut, maka kemungkinan karena kehamilan atau demam.

7. Hasil tes kehamilan positif

Untuk mengetahui dengan pasti, maka lakukan tes kehamilan yang kini dapat diadakan di rumah dengan membeli alat tes kehamilan yang sudah dijual umum. Jika hasilnya negatif dan masih belum mendapatkan tamu bulanan yang rutin datang (menstruasi) maka kemungkinan masih terlalu dini untuk meng-tes kehamilan tersebut. Tunggu beberapa hari dan tes lagi.

Dan kadang ibu hamil mengalami semua tanda-tanda hamil ini, atau hanya satu dua saja. Jika tanda-tanda kehamilan ini sudah amat mengganggu, akan lebih baik jika berkonsultasi ke dokter yang dipercaya sehingga dokter tersebut dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *