Peraturan Dasar Sepak Bola

Diposting pada

Yalla Shoot – Peraturan dasar terhadap sepak bola dikeluarkan oleh FIFA dan jumlahnya benar-benar banyak. Yang paling mendasar adalah mengenai pemain, bola, tepat dan ukuran lapangan yang sudah dibahas sebelumnya.

• Berat Bola
Sebagai tambahan untuk peraturan mengenai bola, yang mesti digunakan adalah bola yang mencukupi standar FIFA. Bola mesti benar-benar bulat dan terbuat berasal dari bahan berkualitas. Selain itu, berat bola terhitung mesti berkisar antara 410 gram hingga 450 gram. Lalu bagaimana kecuali bola rusak? Jika kasusnya layaknya ini, bola dapat diganti dan dapat diletakkan terhadap posisi semula.

• Jumlah Pemain
Untuk peraturan di dalam pemain, kuantitas pemain maksimal adalah 11 bersama dengan satu pemain sebagai penjaga gawang. Jika tim kekurangan pemain, permainan dapat berjalan kecuali anggota tim tidak tidak memadai berasal dari 7 pemain.

Ketika di dalam pertandingan sebanyak 4 pemain laksanakan pelanggaran dan diberi kartu merah oleh wasit, maka permainan dihentikan. Karena kecuali tidak memadai berasal dari kuantitas 7 pemain, maka tim diakui didiskualifikasi. Sedangkan untuk mengganti pemain, FIFA menyebut bahwa maksimal pergantian orang hanya 3 kali saja.

• Pakaian Pemain
Ada pula peraturan yang mengkaji pakaian. Pakaian berasal dari seorang pemain sepak bola di bawah suatu tim mampu saja mempengaruhi kesan tim sepak bola. Selain itu, jersey sepak bola terhitung membuktikan identitas. Aturannya, setiap tim tidak boleh punyai jersey bersama dengan warna yang sama.

Dengan jersey, seseorang terhitung lebih mudah membedakan pemain masing-masing. Khusus bagi kiper, sarung tangan bisa saja dibutuhkan untuk melindungi tangan berasal dari benturan keras berasal dari bola yang mengarah ke gawang. Biasanya, tim dapat memperbarui jersey setiap musimnya.

Tidak hanya jersey, tapi terhitung celana serta kaos kaki. Celana biasanya dipadukan bersama dengan warna jersey sekalian. Sedangkan pemakaian kaos kaki terhitung membawa ketentuan. Selain mesti sesuai, terhitung mesti mampu melindungi tulang kering.

• Peraturan Sewaktu Pertandingan
Peraturan selanjutnya adalah mengenai kick off atau pembuka pertandingan. Teknik pembuka tidak hanya dilakukan disaat permainan sepak bola dimulai, tapi terhitung dilakukan sehabis gol, serta terhadap pertandingan babak kedua.

Permainan sepak bola pakai sistem skor yang dihasilkan berasal dari gol. Gol adalah disaat hasil berasal dari memasukkan bola di gawang. Oleh FIFA dinyatakan bahwa sebuah gol dinyatakan sah kecuali bebas berasal dari pelanggaran.

Untuk menciptakan gol, mampu dilakukan bersama dengan bermacam cara. Yaitu gol biasa bersama dengan memasukkan bola ke gawang lawan, gol bunuh diri atau memasukkan gol ke gawang sendiri, tendangan bebas serta bersama dengan penalti. Namun yang terpenting, kecuali wasit mengesahkan gol maka gol dapat sah.

• Hukuman dan Pelanggaran
Selanjutnya adalah peraturan mengenai pelanggaran beserta hukumannya. Pada permainan sepak bola kerap dijumpai pelanggaran layaknya hands ball, tackle maupun perihal tidak disengaja lainnya yang dilakukan oleh pemain.

Hukuman terhadap pelanggaran mampu bermacam-macam. Ada yang dikenai sanksi kartu kuning dan kartu merah. Jika dikenai kartu merah, maka bisa saja tidak mampu bermain di dalam ajang sepak bola benar-benar tinggi. Salah satu aturannya adalah kecuali di dalam suatu pertandingan terkandung pemain yang diberi 3 kartu kuning, maka tidak mampu dimainkan di dalam pertandingan selanjutnya. Sedangkan pemain yang diberi kartu merah membawa arti dia dikeluarkan berasal dari pertandingan dikarenakan pelanggaran yang dilakukannya.

Di atas disebutkan bahwa sebuah gol mampu dihasilkan berasal dari tendangan bebas. Nah, tendangan bebas ini punyai peraturan tersendiri. Tendangan bebas hanya berlaku disaat ada pelanggaran dan dilakukan berasal dari posisi di mana pelanggaran itu terjadi. Ada dua model tendangan bebas, yakni tendangan bebas segera dan tidak langsung. Tendangan bebas segera adalah mengarahkan bola ke gawang lawan, tapi tendangan bebas tidak segera lewat oper kepada kawan tim lebih-lebih dahulu.

Tendangan penalty pun ada aturannya sendiri. Tendangan ini berlaku dikarenakan ada pelanggaran berat layaknya menjatuhkan lawan di kotak penalty dan laksanakan hands ball. Tendangan ini hanya dilakukan oleh satu orang ke gawang lawan.

Aturan lainnya adalah tendangan gawang yang hanya dilakukan oleh kiper. Jika lawan menendang bola tapi tidak masuk ke di dalam gawang, maka kiper dapat laksanakan tindakan ini.
Yang paling akhir adalah tendangan sudut. Tendangan ini dilakukan di tidak benar satu sudut lapangan sepak bola. Tendangan ini merupakan hukuman kecuali tim lawan mengeluarkan bola ke luar lapangan di daerah mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *